Rabu, 21 November 2012

Timnas

KUALA LUMPUR—Pemain Naturalisasi, Raphael Guiellermo Mautimo, memang tak masuk dalam daftar 22 pemain Timnas Indonesia yang diproyeksikan tampil di ajang Piala AFF. Meski demikian, Raphael tetap turut bergabung bersama rombongan timnas menuju ke Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (21/11/2012) siang.
Dijelaskan manajer timnas, Habil Marati, pemain yang pernah membela klub Liga Primer Indonesia (LPI), Bali De Vata ini tak bisa memperkuat timnas karena terkendala urusan administrasinya sebagai warga Indonesia yang belum selesia. Karenanya Raphael harus menunggu di Jakarta hingga urusan paspornya beres. Jika paspornya selesai sebelum Sabtu (24/11/2012), maka gelandang 28 tahun ini bisa diberangkatkan ke Malaysia pada Jumat (23/11/2012).
Namun, ternyata aturan ini tak berlaku bagi Raphael. Pemain yang pernah mengenyam pendidikan di Feyenoord Rotterdam ini tetap diikutkan dalam rombongan, Rabu ini. Dengan demikian, timnas tak hanya membawa 22 pemain, melainkan 23 orang.
“Ya, kami sudah sampai di Malaysia siang ini. Semua pemain kita bawa termasuk Maitimo. Kenapa dia ikut? Biar turut serta latihan di sini,” kata pelatih timnas, Nil Maizar, Rabu.
Disinggung bagaimana seandainya ada panggilan dari Jakarta untuk merampungkan prosedur naturalisasinya, Nil mengaku sudah memiliki kebijakan.
“Nanti pas di sumpah Maitimo balik ke Jakarta. Pulang pergi Indonesia dan Malaysia,” tukasnya.
Ditambahkan Nil, selama di Malaysia sebelum turnamen kickoff, tim akan berlatih dua kali, pagi dan sore, dengan fokus latihan mematangkan lini per lini. Setiap pemain juga diberi kesempatan untuk memaksimalkan umpan-umpan pendek, crossing dan finishing.
Indonesia akan melakoni pertandingan pertamanya di Grup B melawan Laos pada 25 November. Tiga hari kemudian menghadapi Singapura, sebelum menjajal tuan rumah Malaysia pada 1 Desember.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar